Uniknya makanan orang maanyan

setiap suku memiliki berbagai macam keunikan,salah satunya dari segi makanan.suku dayak maanyan sebagai salah satu comtoh dari sekian banyak suku yang memiliki keunikan. ke unikan dayak maanyan dapat kita lihat dari cara pemanfaatan bahan-bahan alam seperti hewan dan tumbuhan untuk di jadikan sebagai makanan yang enak dan lezat.

ulat rumbia atau yang lebih dikenal oleh orang maanyan dengan sebutan awatei merupakan salah satu hewan yang dapat di jadikan sebagai masakan yang enak.hewan yang kaya akan lemak ini dapat kita temui di batang pohon rumbia yang telah membusuk yaitu sekitar 1-1,5 bulan setelah di tebang.cara mencarinya adalah dengan membelah batang yang telah busuk itu atau pun dengan mencungkil-cungkil bagian dalam batang tersebut.

cara masaknya bermacam-macam,ada yang hanya di goreng adapula yang di bumbui secara khusus.berdasarkan pengalaman saya,cara memasak ulat ini adalah sebagai berikut: ulat yang telah di dapat itu di cuci,kemudian di potong-potong(di potong dua). sementara itu kita perlu menyiapkan daun asamnya,yang bagi orang maanyan di sebut dengan daun bamenu.daun tersebut di iris-iris tipis kemudian di garami. setelah itu tinggal masukkan daun tersebut dengan awatei tadi ke dalam wajan yang telah di panaskan. aduk-aduk sampai masak. setelah itu oseng awatei siap di sajikan bersama nasi hangat.

selain  dapat di masak ulat ini juga dapat dijadikan sebagai umpan pancing. nah, gimana? mau nyoba makanan khas dayak yang satu ini? boleh di coba,lho….Masih banyak lagi makanan-makanan khas dayak yang berasal dari alam seperti muhau,anak andrau kekek,paing,dsb, namun akan saya posting pada postingan selanjutnya.

”KEUNIKAN MAKANAN SUKU KITA MASING-MASING ADALAH SUATU KEKAYAAN YANG TAK TERNILAI HARGANYA,KARENA ITU MARI KITA PERKENALKAN KEPADA DUNIA”

About these ads

6 Tanggapan

  1. Huaduh. . . Banyak yang salah ketik… Tapi para pembaca paham kan? Semoga..hehehe

  2. Hahaha puang malu..

  3. Kada paham aku bos!

  4. Hahah…Masa???ne sdh sgt sederhana,biar tapuntal tapulilit..hehehe…santai saja,pelajari bagamat!

  5. terus menulis lia, kau punya bakat menulis yang baik

  6. “PUJIAN….. kiranya dapat menjadi Motivator penggerak menjadi baik dan lebih baik lagi”
    ……… Awatei ………… memang unik, syang sekali saya sampai sekarang kok gk bisa mknX yach. apa saya bukan suku maayan???? aaihihihihihihi atau itu dipengaruhi faktor lain??? :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.181 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: