Opini : Menghadapi Ujian Nasional 2012

Permendiknas No.2 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan UN mengamanatkan bahwa kegiatan Ujian Nasional sebagai bagian akhir dari penilaian kompetensi lulusan di setiap satuan pendidikan menghendaki adanya ketuntasan belajar setiap siswa yang distandarisasi melalui Standar Kompetensi Lulusan. Hasil Nilai UN adalah sebagai cerminan keterserapan kompetensi yang cenderung fluktuatif di setiap satuan pendidikan. Dimana sangat di harapkan agar nilai hasil UN meningkat setiap tahunnya. Tahun ini, formasi nilain terdiri dari 60% nilai UN ditambah 40% nilai US. Target kelulusan UN rata-rata nilai akhir minimum adalah 5,5. Selain itu nilai akhir tiap mata pelajaran tidak boleh di bawah 4,0.

Sukses UN adalah harapan kita semua, apalagi jika bisa meraih nilai terbaik, wuih….bangga. Namun standar nilai kelulusan yang kian meningkat, kadang menjadi hal yang mengerikan bagi kita. Hingga saat ini, UN tetap menjadi hal yang menakutkan bagi siswa. Mulai dari keraguan bisa tidaknya menjawab soal sampai dengan bisa tidaknya LJKnya terbaca komputer. Hmhmhm….rumit

Sekedar berbagi kegelisahan ini, mending simak saja tips hasil petik sana petik sini berikut :

1. PERSIAPAN, meliputi persiapan fisik, mental, dan juga peralatan ujian yang diperlukan. Semuanya harus benar-benar mantap dan siap lahir batin. :-)
2. BERLATIH, selagi ada waktu yang tersisa teruslah berlatih mengerjakan soal tipe UN. Practice makes perpect :cool:
3. TENANG dan PERCAYA DIRI, katakan bahwa Anda bisa. Santai dan jangan tegang, karena ketegangan dapat merusak konsentrasi. Jangan lupa untuk berdoa.
4. CARA MENJAWAB SOAL, pilih yang lebih mudah dulu. Jangan terburu-buru karena dapat menyebabkan jawaban tidak maksimal. Jika masih sisa waktu, gunakanlah untuk meneliti kembali jawaban.
6. DATANGLAH LEBIH AWAL :mrgreen:

Hal diatas adalah hal yang harus kita perhatikan. Ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan, berhasil tidaknya biar Tuhan yang menentukan.

“tidak ada alasan untuk takut menghadapi UN, ayo, kita bisa lulus 100%”,
Selamat Berjuang dan Sukses

About these ads

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.181 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: