YANG BENAR YANG MANA ???

Jika di tanya kepada  siswa mereka sukanya metode belajar di kelas tu gimana ? pasti jawabannya antara lain :

1. yang ngga tegang

2. santai

3. ada canda tawa di selipkan di antara seriusnya pelajaran

4. kalau bisa ada permainannya

5. ……………………….(dll)

trus siswa biasanya nggak suka jika metodenya kaya gini :

1. membosankan

2. gurunya nyerocos terus tanpa ada titik koma spasi jarak dll dsb (hehehe)

3.tugasnya banyak bertumpuk-tumpuk (ngaku nggak?)

4. terlalu serius, tegang, dll

5. …………………………..(dll)

sebenarnya logikanya begini, belajar tu nggak usah terlalu tegang apalagi pada pelajaran yang sulit, kayak FISIKA,MATEMATIKA,dll, kalau bisa guru memiliki ide yang kreatif agar suasananya tidak membosankan,entah di selingi dengan sedikit lelucon, permainan, kuis, atau lainnya.

namun muncul lagi masalah, biasanya siswa jika dapat mendapatkan metode seperti ini (belajar sambil bermain ) kadang jadi tidak serius sepanjang pelajaran, tidak hanya itu kadang mereka berulah karena di rasa belajarnya main-main ya main-main juga ujungnya. kadang juga siswa tidak memikirkan pelajarannya namun malah fokus ke permainannya(hehehe…kalau yg ini sih gawat banget ). efek lainnya, siswa melalui metode seperti ini kadang merasa mereka dekat dengan gurunya,akibatnya ada  siswa merendahkan gurunya( WARNING : ne nggak boleh di tiru )

hm. kalau begitu, diselipi permainan/lelucon dsb salah, trus kalo belajarnya tegang salah juga. wah… trus gimana yang benar ya???

sebenarnya menurut saya kuncinya ada pada guru. gimana guru bisa mengolah suasana  kelas supaya tidak tegang terutama pada jam pelajaran akhir dan juga pada pelajaran sulit yang tidak terlalu di sukai siswa.

5 thoughts on “YANG BENAR YANG MANA ???

  1. tak semua permasalahan pelajaran selalu dirujuk ke guru…itu semua tergantung kesadaran si pelajar… ya kalau benar benar pengen belajar ya tak hanya disekolah tapi banyak alternatif lain(jika memang tujuannya ingin belajar) kalo enggak ya gak usah sekolah aja..ortu capek2 banting tulang ngebiayain…mending tidut dirumah …santai…,,,.ingatlah jika ada niat pasti diberikan tuhan jalan.

  2. semua salah, karena emang salah dan semua benar karena semua menganggap benar, sekarang kita pikirkan kepentingan yang ada dalam PBM.
    salam rahayu……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s