Kira-kira Apa, ya?

Lama sudah aku mikirnya, tapi nggak dapat juga jawabnya. Ya, sudah. Ku angkat aja kepermukaan dengan harapan dapat jawabannya sekaligus menghiasi blog yang uncategori ini.

Tiap daerah di manapun berada pasti punya sesuatu yg dapat dibanggakan, ya, katakanlah KHASnya. Hal itu dapat berupa makanan, kerajinan tangan, tradisi, dan budayanya yang dapat di banggakan. Hal ini sangatlah perlu untuk diketahui oleh tiap orang yang mendiami daerah tersebut, meskipun bukanlah hal yang mustahil jika ada saja orang yang tidak mengetahuinya sekalipun ia asli kelahiran daerah tsb, ya seperti aku.

Pertanyaannya: Apa yang khas dari Ampah? Yang khas dan layak untuk di jadikan buah tangan kala berpergian meninggalkan ampah?

Makanan ku rasa tidak, tidak ada yang khas. Di sini ada “wadi”, jamin aja di Banjarmasin juga ada. Disini ada “tampuyak”, jamin aja di wilayah luar Ampah pun bertaburan. “mandai”, ah asal ada pohon cempedak, pasti di sana juga ada makanan yang terbuat dari kulit cempedak itu. Wah…wah… Lagipula, siapa orang yang terlalu aneh utk mau membeli yg begituan utk oleh-oleh?

Buahnya? Sepertinya tidak ada juga. Dimana-mana pasti ada buah durian, rambutan, papaken,rambai, langsat dll, paling namanya aja yang beda. Oh, iya, pernah makan buah pupuan? Atau buah binturung? Atau buah kapul? Atau buah manau dan menu? Haha, meskipun aneh kedengarannya, tetap aja tidak masuk dalam khas Ampah.

Anyaman? Ya, tidak khas juga. Anyaman memang sudah go nasional, namun apakah itu dari Ampah? haha, jangan terlalu berharap banyak. Di Ampah, urusan menganyam seperti bukan milik tiap orang, artinya hanya milik orang-orang yang sudah tua, kayak nenekku, beliau senang menganyam bakul ataupun lanjung dikala senggang dengan berbahankan paikat alias rotan atau bamban. Kayaknya anak-anak jaman sekarang, tidak mau di ribetkan oleh ruwetnya helaian rotan atau bamban, ya?(kecuali kalau dapat tugas dari guru muloknya)

Ah, pusing aku. Istilahnya di pikirin bikin mumet, nggak di pikirin makin mumet. Atau mungkin akunya yang nggak tau? Help me!

5 thoughts on “Kira-kira Apa, ya?

  1. Produk dari Ampah, masih dinantikan yapp.. maunya begitu tp akankah??
    “Tak lupa sebelum beranjak… saya mengucapkan Selamat menunaikan ibadah Puasa bagi yang melaksanakan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s