Diskusi Kelas DUBES IDAMAN

Hari ini siswa kelas XII IPA2 diajak oleh pak Edi Priyono utk melakukan diskusi kelas pd mapel B.Indonesia. Topik yg didiskusikan adalah seputar masalah pertanian.

Ternyata diskusi lebih sulit daripada debat, krn kami sekelas sudah terbiasa utk berdebat jadi kami merasa agak asing dengan kegiatan yang satu ini. Yah, mungkin karena selama ini kami salah dalam mengartikan arti diskusi.🙂

Diskusi adalah bertukar pikiran utk mencari akar masalah, penyebab, dan mencari jalan keluar. Dalam pelaksanaanya, tidak ada pertanyaan, yang ada hanyalah tanggapan berupa pernyataan setuju/tidak setuju atas penyajian masalah oleh pemakalah dengan di sertai alasan yang menunjukkan tanda persetujuan/ketidak setujuan. Sedangkan debat adalah pertukaran pendapat tentang sesuatu hal dgn saling memberi alasan utk mempertahankan pendapat masing-masing. Seringkali terkesan sbg ajang menjatuhkan opini lawan debat.

Nah, sudah jelaskan perbedaannya?
Ini dia laporan diskusi dari kelompok kami..

Bahan Diskusi : Sebab Terjadinya Gagal Panen
Pelaksanaan Diskusi : Rabu, 14 September 2011
Kelompok : I

ketua : Radi Tyo
notulen : Lia Afriliani
moderator : Aridieni
anggota :

– Hairullah
– Hang F
– Natalia L
– Rizky A
– Rapki K
– Yutetu P

Hasil Diskusi : Terjadinya gagal panen akhir-akhir ini menyebabkan pasokan beras di pasaran menipis sehingga masyarakat kesulitan mendapatkan beras. Hal ini membuat pemerintah harus melakukan impor beras dari negara lain dgn harapan masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan pangannya.

Adapun penyebab gagal panen adalah:

1. Faktor alam
@ musim
@ kondisi tanah
2. Faktor non alam
@ hama
@ pupuk
@ pengetahuan petani

Solusi:

a. Pembuatan bendungan
b. Pengolahan lahan scr maksimal terutama di daerah yg tanahnya kurang subur
c. Penyemprotan pestisida scr menyeluruh
d. Membuat pupuk sendiri
e. Pemberian penyuluhan/bimbingan kpd petani
f. Perhatian dari pemerintah dgn cara pemberian subsidi pupuk, pembagian alat pertanian bahkan bibit unggul.

4 thoughts on “Diskusi Kelas DUBES IDAMAN

  1. N.B :
    Untuk di ketahui, hasil diskusi diatas agak singkat jika di bandingkan dgn teks aslinya. Di karenakan, saya capek ngetiknya, hehe.

    Gak apa2 kan? Tenang aja, yang aslinya bagus kok kata pak Edi. Ehm..ehm.. Siapa dulu dunk yg bikinnya ?¿? Ehm

  2. Ijin nyimak dan bertanya : Tujuan tulisan ini apa sih? Pengalaman iya, penjelasan iya, laporan iya, informasi iya. Ah pokoknya, mantap deh buat postingan nya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s