Sebenarnya MULOK penting, namun …

Pendidikan mulok (muatan lokal), hingga kini sepertinya masih belum mendapatkan perhatian serius. Keaktifan pembelajaran Mulok bisa di katakan masih bahkan sangat kalah jika di bandingkan dengan pelajaran seni budaya. Entah karena faktor ketidak adaan guru yang memang empu dari pelajaran Mulok atau karena tidak ada petunjuk teknis yang disepakati sebagai program pembelajaran, atau karena memang bukan pelajaran yg sangat penting. Entahlah, yang pasti pendidikan mulok kadang hanya berjalan ala kadarnya.

Pada dasarnya, pendidikan mulok di harapkan mampu untuk mengajak siswa untuk mencintai daerahnya sendiri, mencintai hasil karya daerahnya, mengetahui budaya daerahnya, mengetahui lagu daerahnya, cerita daerahnya dan hal lain yg berkaitan dengan yg bersifat lokal. Di mana dgn demikian di harapkan dapat tumbuh rasa mencintai, menghargai, dan keinginan untuk terus melestarikan budaya lokalnya.

Mengapa pembelajaran mulok perlu diberi perhatian serius?
1. Sarana pelestarian budaya dan kekayaan daerah.
2. Pengembangan nilai lokal
3. Tambahan pengetahuan umum utk siswa mengenai daerahnya
4. Sarana menggali potensi/bakat siswa
5. Mengasah kreativitas siswa dalam mengolah bahan-bahan yang ada disekitarnya, khususnya didaerahnya utk menghasilkan suatu karya yg berguna
6. Menumbuhkan minat kewiraswastaan siswa

Berdasarkan 6 hal diatas, diakui bahwa mulok sangat penting. Namun, dalam realitasnya masih belum memenuhi nilai standar. Kadang waktu 1 atau 2 jam itu berlalu begitu saja, bahkan kadang digantikan dgn pembahasan materi lain utk mengisi kekosongan kegiatan.

Jika kita masih menganggap mulok itu penting, mari
1. Kreativitas serta pengetahuan pendidik mengenai potensi daerah lebih di gali lagi
2. Pembuatan program pelajaran mulok
3. Memberi kesempatan bagi siswa utk mencari & mengembangkan potensi daerahnya
4. Pendidik mencari kegiatan/keterampilan yang menarik minat siswa
5. Sadar akan pentingnya melestarikan budaya daerah

Yuk, Manfaatkan 1-2 jam pelajaran Mulok utk melestarikan budaya lokal kita!!!

9 thoughts on “Sebenarnya MULOK penting, namun …

  1. Iya, memang sayang kt hanya punya 1 Pak Budi. Namun saya kira, 1 pun sudah lebih dari cukup jika semuanya bisa saling menyadari dan bahu membahu membangun kualitas pengajaran pelajaran mulok ini.

  2. betul kata mbak lia ini, jangan berharap pohon mangga berbuah durian, akan tetapi mari kita jadikan pohon-pohon-pohon-pohon dan semua pohon berbuah manis
    salam rahayu

  3. Mungkin saja benar begitu. Namun kalaupun begitu, hendaklah mereka melihat 6 poin berisikan alasan mengapa mulok itu perlu

  4. Mulok itu sebenarnya tidak terlalu penting, karen dengan perkembangangan zaman pasti mulok akan hilang sekarang zamin itu eera digital dan komunikasi. jika ingin tau tentang daerah sendir sih menurutsaya inisyatif sendiri saja. karena toh kita kan tidak akan selamanya tinggal di daerah itu. mungkin kalu agar mengerti budaya itu biasanya melalui kesenian. sedangkan mulok tentang bahasa daerah. itu tidak terlalu penting karena kita menggunakan bahasa Indonesia !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s