Maknai, Hargai, dan Jadilah Pahlawan

“… Jujur lugu dan bijaksana, mengerti apa yang terlintas dalam jiwa rakyat Indonesia. … Terbayang baktimu, terbayang jasamu, terbayang jelas jiwa sederhanamu. Bernisan bangga, berkafan doa. Dari kami yang merindukan orang sepertimu…”

(“Bung Hatta” karya Iwan Fals)

Pahlawan sering diidentikkan dengan sosok yang memegang senjata dan terjun dimedan juang untuk melawan penjajah atau pahlawan adalah orang yang gugur di medan perang. Kata lainnya, pahlawan selalu di artikan dengan seseorang yang berjuang di medan perang.

Apakah pemahaman ini salah? Tidak, benar saja. Namun, jika demikian, artinya “Pahlawan” hanya ada ketika jaman perang, terus bagaimana ketika jaman sudah damai, berarti tidak ada lagi pahlawan-pahlawan baru yang muncul.

Mari simak kembali syair lagu tadi, sangatlah sempit mengartikan pahlawan hanyalah bagi mereka yang berjuang demi kemerdekaan bangsa dengan cara bertempur serta gugur di medan perang. Hendaklah kita melebarkan sedikit pemahaman kita akan arti Pahlawan khususnya dimasa sekarang.

Pahlawan adalah seseorang yang telah memperlihatkan sikap-sikap terpuji dalam jiwa keberanian, kepeloporan, dan kerelaan berkorban dalam memperjuangkan kebenaran dan kepentingan rakyat. Pahlawan lebih dari sekedar seseorang yang bertempur di medan perang, namun juga seseorang yang memiliki sifat unggul dan layak untuk diteladani.

Simaklah kembali syair lagu diatas agar memperoleh gambaran yang lebih kompleks dan manusiawi tentang sosok pahlawan.

Hari ini 10 November dan berbicara masalah menghargai jasa para pahlawan. Tidaklah cukup dengan mengheningkan cipta, memberi secarik kertas penghargaan, atau melekatkan namanya sebagai nama sebuah jalan. Prioritas utama yakni bagaimana agar keteladanan mereka dapat dijadikan pedoman dan tuntunan dalam berperilaku bagi seluruh komponen bangsa ini.

_Kita pun bisa menjadi pahlawan. Tidak korup, Pahlawan. Membela kebenaran,Pahlawan. Belajar, juga pahlawan. Bangsa ini masih memerlukan banyak Pahlawan dimasa kini. Apakah anda salah satunya???

Selamat Hari Pahlawan

One thought on “Maknai, Hargai, dan Jadilah Pahlawan

  1. oke…….. kita melebarkan sayap kita untuk memahami kata pahlawan….. lalu siapa tokoh yang lain selain pejuang? apakah DPR!!!!!!!!!!!!!!!
    apakah pelajar yang giat tanpa dibarengi akhlak yang mulia?
    atau atlit yang berprestasi, atau juga para seniman yang menjunjung bangsa indonesia dan tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah……….
    ayoooo kita pilih supaya tidak terjadi kerancuan…………
    kehidupan ini keras……….. bagaikan aliran air disungai, melawan arus atau hanyut oleh arus….
    salam rahayu……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s