Yo, Nulis….

Jika Anda tidak punya kemampuan berbicara, bicaralah dengan ini. Jika Anda tidak punya kemampuan dalam bidang olahraga, olahragakan otak Anda dengan ini. Dan jika Anda tidak punya kemampuan dalam gerak seni, dengan ini Andapun jadi pelaku seni. Namun hal ini bukanlah alternatif, namun lebih menunjuk kepada suatu keeklektisan dan kemampuan. Trus, apa “ini” ?

Menulis adalah suatu kemampuan untuk menuangkan pikiran dan ide kedalam bentuk tulisan. Tulisan yang baik adalah tulisan yang mampu menyemangati, menghibur, memberi pengetahuan dan petunjuk, serta menginspirasi bagi pembacanya. Hampir semua orang tentunya bisa menulis, paling tidak menulis namanya sendiri.🙂 Namun untuk menjadi seorang penulis hebat, itu sih asal ada kemauan saja, bisa jadi.

Menulis apa saja yang ada dalam pikiran, perasaan, dan angan kita. Menulis cerita, puisi, pengalaman, opini, artikel, bahkan curhatan kita. Sebab tahukah Anda bahwa “Tinta yang lemah kadang lebih tegas daripada ingatan yang kuat!” ?

Sekedar tips untuk menulis :
1. IDE SEDERHANA
Untuk memudahkan kita saat hendak menulis, mulailah dengan ide sederhana. Percayalah, ide sederhana itu akan berkembang menjadi tulisan yang luar biasa.

2. MEMBACA BUKU
Buku adalah salah satu sumber ide yang bagus, karena dengannya perbendaharaan kata dan pengetahuan kita pun bertambah.

3. JANGAN TAKUT SALAH
Buanglah perasaan ragu akan kemampuan diri dan malu jika tidak bagus. Tulis saja apa yang ada di pikiran kita tanpa memikirkan hasilnya nanti seperti apa. Jangan khawatir tulisan kita tidak dibaca orang. Tulislah apa yang ingin kita tulis.

4. JANGAN MEMBATASI IDE
Biarkan tulisan kita mengalir dulu apa adanya. Setelah selesai, baru kita lakukan pengeditan

5. MINTA KOMENTAR
Mintalah komentar dan saran dari orangtua, guru, dan teman tentang tulisan kita. Semakin banyak komentar, semakin banyak masukan.

So, jika Anda gemar menulis, mengapa tidak dikembangkan untuk kemajuan?

DENGAN MENULIS, ANDA TERWAKILI UNTUK PERGI KEMANA SAJA!
Yo, nulis……

6 thoughts on “Yo, Nulis….

  1. Saya sedang menularkan virus menulis ini pada salah satu teman saya, membantunya merangkai kata2, dsbnya….. Bagaimana hasilnya? Kita akan lihat nanti, hehe

  2. air tenang menghanyutkan…. artinya jangan dikira orang pendiam tak memiliki kemampuan namun lebih hebat dari orang yang tong kosong nyaring = talk less do more = hanya bisa bicara namun tak ada perbuatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s