Ala Chicken Soup!!!

Hidup itu bagaikan sebuah buku antologi cerita. Ada berbagai macam cerita sepanjang hidup ini, ada cerita duka, gembira, menegangkan, mengesalkan, dan lainnya. Cerita-cerita tersebut adalah pengalaman, pengalaman yang memberi hikmah dan pelajaran bagi kehidupan kita. Tidak ada satu bagian pun dari hidup kita yang tidak menarik, semuanya menarik! Karena pasti ada hikmahnya bagi kita, sekecil apapun itu.

Cerita hidup kita kadang bisa sama dengan yang orang lain alami. Dan cerita hidup kita mungkin saja bisa menginspirasi dan memotivasi orang lain. Tergantung dari apakah kita mau membagikannya pada orang lain?

Seandainya kita pernah membaca buku karya Jack Canfield yakni Chicken Soup For The Soul, mungkin kita akan ternganga karena tidak percaya bahwa cerita-cerita itu adalah kisah nyata. Buku Chicken Soup For The Soul telah menginspirasi banyak manusia didunia. Bukan karena pengambilan tema cerita yang berat ataupun penulisan pola naratif. Namun justru karena temanya sederhana, ceritanya singkat dan ringan, serta menginspirasi.

Di Indonesia, gaya penulisan ala Chicken Soup ini mulai di adaptasi. Utamanya dalam penulisan cerita berbasis Flash True Story (cerita nyata). Biasanya tidak ada batasan jumlah kata, hanya jumlah halaman yang lebih sedikit (3-5 hlm).

Untuk menulis ala CS, kita harus bisa memilih satu bagian yang menarik dari satu cerita yang terjadi dalam hidup, tentunya yang membawa hikmah.
[sekedar contoh: A selalu meremehkan kemampuan saya. Akibatnya, saya pun berusaha agar dia bisa menganggap bahwa saya pun punya kemampuan, meski kadang gagal juga. Dari situ saya belajar, dalam berteman harus sabar dan bisa menghargai. Bersyukur, karena dengan memiliki teman yang demikian, saya terpanasi untuk lebih baik lagi]

Fokus dan konsentrasi pada hal yang telah di ambil. Ceritakan apa adanya, jangan melebar, serta fokuskan pada hikmah cerita. Karena kekuatan cerita terletak pada kesederhanaan, gaya penuturan, ringan, ringkas, mengalir & menginspirasi.

Hm… Chicken Soup memang enak, ya? Nyam…nyam… Lho???

7 thoughts on “Ala Chicken Soup!!!

  1. Penjelasan singkat ini sejauh yang saya tahu dan hasil baca-baca. Jika mungkin, ada yang tau tentang yang lebih pasnya, mohon tambahannya di komen….
    Salam Sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s