Ha Min 8 dan Opiniku

UJIAN, apapun itu, UAS, UAN, UPraktek, atau apapun, tentunya membuat kepala pusing, deg-degan, bahkan kadang sampai stres.

Ujian bukanlah hal yang mesti ditakuti namun juga bukan hal yang dapat dianggap remeh. Pada hakikatnya, ujian itu penting bagi siswa dan guru. Dengan ujian, siswa akan tahu ukuran kemampuan pengetahuan mereka setelah belajar 3 tahun atau lebih. Dan untuk guru, hasil dari ujian dapat menjadi kriteria ukuran akan keefektifan dan keberhasilan mereka dalam mengajar.

Mendekati hari H-nya, siap tidak siap harus siap! Kunci utamanya, belajar jauh-jauh hari dan menguasai SKL, tambahannya doa dan percaya diri. Tak kalah penting, kita mesti tenang.

Ujian semakin dekat dan menghitung hari, namun tak dapat di sangkal masih ada serentetan tugas sekolah yang tertinggal menuntut penyelesaian. Sekarang, saya terjebak dan terjepit, akhirnya pikiran pun jadi tidak seimbang. Bingung, antara menyelesaikan tugas atau mempersiapkan ujian. Kapan saya belajar untuk ujian, jika tugas-tugas ini mesti dikerjakan secepatnya. Dan saya juga tidak bisa membiarkan tugas-tugas ini terbengkalai, demi belajar untuk ujian. Siapa yang salah? Tidak ada yang perlu disalahkan, tidak ada yang layak dibenarkan, yang ada hanyalah tanda tanya besar dan terus mencari titik seimbangnya. Demi tugas selesai dan ujian lulus.

Mungkin kita perlu merekonstruksi ulang akan semua ini. Saran dari saya, hendaklah beberapa minggu sebelum mulainya ujian, tugas untuk siswa dikurangi. Dalam artian, tugas boleh ada, namun sebisa mungkin tidak terlalu membebani siswa. Siswa tak mungkin hanya mengandalkan pembahasan waktu les tambahan, tentunya ia juga harus mempersiapkan dirinya untuk mendapatkan nilai yang memuaskan.

Maaf jika salah, ini hanya saran dan opini, minta pertimbangan jika berkenan, demi kebaikan mutu pendidikan untuk kedepan😎

Ayooo….semangat! Lakukan yang terbaik, kita pasti bisa!🙂

SALAM SUKSES!!!

4 thoughts on “Ha Min 8 dan Opiniku

  1. Kembali pada diri sendiri, Siapkah untuk Lulus!! katakan siap dan percaya pd diri.
    “Memang harusnya siap dari jauh2 hari” Ya.. SEMANGAT dan BERUSAHA memperbaiki kuncinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s