IBADAH : Awal sampai Akhir jangan Telat Datang, Pulang Duluan

Kebaktian adalah suatu perayaan keselamatan yang berpusat dan berpuncak dalam diri Kristus, melalui penderitaan, kematian, dan kebangkitanNya.

Kesejatian sebuah ibadah/kebaktian ditentukan oleh buah konkrit dari kebaktian itu sendiri dalam memenuhi karya-karya kemanusiaan. Unsur yang tak pernah lepas dalam kebaktian adalah pemberitaan Firman, pujian, doa, pengakuan dosa, pengakuan iman dan persembahan. Setiap bagian itu adalah satu kesatuan yang utuh dan harus diikuti sejak awal hingga selesai.

Mengapa? Hal itu agar :
1. Kita merasakan adanya keagungan, kemuliaan, dan kedudukan Allah (Yesaya6:1-3) 2. Adanya Firman Allah yang datang kepada kita melalui hambaNya (Yesaya6:3)
3. Kita merasakan perjumpaan dengan Tuhan, sehingga dapat meresap ke dalam hati dan tubuh kita dan dapat membuahkan keinsyafan, pengucapan syukur & pengampunan dosa (Yesaya 6:7)
4. Dapat membuahkan tekad baru untuk mau di utus ketengah-tengan dunia dengan berkat Tuhan.

Dalam Protestan, kebaktian dimulai dengan VOTUM yang artinya menahbiskan seluruh rangkaian ibadah dan menyiapkan umat untuk memasuki kebaktian. Kemudian kebaktian ditutup dengan PENGUTUSAN dan BERKAT, artinya mereka diutus kembali kedunia sebagai alat Allah dan memperoleh berkat dari Allah.

Oleh karena itu, adalah hal yang penting untuk mengikuti kebaktian dari awal hingga akhir. Jangan telat, jangan pulang duluan. Jadikan ibadah sbagai sarana berkomunikasi dengan Allah dan beroleh berkat Nya. Jangan hanya ngerumpi atau main HP. Apalagi jika hanya untuk mengambil lembaran warta jemaat, wuaduh…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s