Keanekaragaman Flora Disekitarku2 : Kantong Semar

Kemarin saya sengaja motret tumbuhan ini, karena menurut saya tumbuhan yang satu ini juga perlu dilindungi karena keunikannya, baik dari segi bentuk, ukuran, warnanya, jenisnya, dan juga kehebatannya sebagai tanaman karnivora. Sebelum Anda memelototi foto-foto manisnya, saya mau kasih kata pengantarnya dulu nih, yang saya petik dari sana-sini (@sumber : ijin copas dikit,ya :lol:)

Kantong semar (Nepenthes sp.) adalah tumbuhan yang mampu hidup di hutan hujan tropik dataran rendah, pegunungan, dan tanah gambut. Tumbuhan ini memiliki cairan di dalam kantongnya (enzim proteolase) yang berfungsi untuk mencerna mangsanya dan diolah menjadi garam Posphat dan Nitrat, untuk diserap kemudian oleh kantong semar. Di Indonesia, tanaman ini dapat di temukan antara lain di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Papua.

Kantong Semar kini termasuk tumbuhan langka dan beberapa jenisnya hampir mengalami kepunahan. Hal ini antara lain dikarenakan penebangan hutan yang merupakan habitatnya dan juga karena pengeksploitasinya oleh masyarakat untuk bisnis.

Untuk lengkapnya bisa buka di link berikut :

Oh, iya sedikit tambahan. Gak tau benar atau salahnya, jika penasaran boleh di coba, jika tidak ya gak apa-apa…. anda tau R kan? Itu tuh huruf ‘r’, yang dibaca ‘err’. Beberapa anak kecil ada yang merasa kesulitan ketika harus menyebutkan huruf ini. Disini, ada suatu kepercayaan bahwa anak kecil yang tidak dapat menyebutkan ‘r’ jika di beri cairan didalam kantong semar tadi secara rutin, maka akan dapar menyebutkan dengan baik. Ya, tentunya airnya yang bersih dong, yang masih muda (tutupnya belum terbuka). 

Di daerah saya sendiri, kantong semar masih dapat ditemui. Masih tumbuh alami dan liar, karena masih tidak ada warga yang berniat untuk menjadi penjual kantong semar.  Dan maaf saja, karena saya sendiri tidak tau, yang saya foto ini jenisnya apa dan apa-apanya, yang jelas ini adalah kesengajaan demi pengenalan akan keanekaragaman flora disekitarku. heheehe………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s