Indonesia sebagai Satu Kesatuan

Indonesia adalah satu kesatuan. meskipun terdiri atas berbagai suku dan pulau, indonesia tetaplah satu. kesatuan itu dapat di pandang dari 4 segi, yakni politik, pertahanan keamanan, ekonomi dan sosial budaya.

  1. Indonesia sebagai satu kesatuan politik

Pancasila di letakkan sebagai dasar dan falsafah serta ideologi bangsa dan negara, yang melandasi, membimbing, dan mengarahkan bangsa menuju tujuan nasional negara. Pancasila adalah dasar Indonesia yang tidak boleh di ganggu gugat oleh siapa pun, baik itu dari luar Indonesia maupun dari dalam yakni rakyat Indonesia itu sendiri. Tak ada alasan yang tepat untuk menggeser Pancasila atau bahkan merubahnya, karena Pancasilalah yang sesuai untuk kehidupan bangsa Indonesia yang majemuk ini. Secara psikologis, bangsa Indonesia harus merasa bahwa mereka adalah senasib, sepenanggungan, sebangsa dan setanah air. Serta satu dalam tekad untuk mencapai cita-cita bangsa. Seluruh kepulauan Nusantara ini  merupakan satu kesatuan hukum.

Seluruh wilayah Indonesia dengan segala isi dan kekayaan yang terkandung di dalamnya adalah dan merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup dan kesatuan yang mutlak bagi seluruh bangsa Indonesia. Ini menjadi modal dan milik bersama bangsa. Indonesia yang juga terdiri dari berbagai macam suku dan berbicara dalam berbagai bahasa daerah, memeluk dan meyakini berbagai Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan haruslah merupakan satu Kesatuan Bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya. Meski pun berbeda, Indonesia tetaplah satu.

  1. Indonesia sebagai satu kesatuan Pertahanan dan Keamanan

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam rangka bela negara dan bangsa. Setiap ancaman terhadap suatu pulau atau suatu daerah pada hakekatnya merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa Indonesia.

  1. Indonesia sebagai satu kesatuan Ekonomi

Kekayaan wilayah Nusantara baik itu yang berupa potensial maupun efektif. Itu semua adalah modal dan milik bersama Bangsa. Keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air.

Tak ada alasan untuk lebih mementingkan daerah A dan menelantarkan daerah yang lain. Atau bahkan menguras atau mengeruk kekayaan daerah B untuk kepentingan daerah yang lain.

Tingkat perkembangan ekonomi harus merata dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri-ciri khas yang dimiliki oleh daerah-daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya.

  1. Indonesia sebagai satu kesatuan Sosial dan budaya

Masyarakat Indonesia seluruhnya adalah satu. Prikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan kehidupan yang sesuai dengan kemajuan bangsa.

Budaya Indonesia pada hakekatnya adalah satu, sedangkan keragaman yang ada dialamnya menggambarkan akan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya nasional.

One thought on “Indonesia sebagai Satu Kesatuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s