Penyakit pada Tanaman Karet serta Cara Pengendaliannya

Di Kalimantan Tengah, karet adalah komoditi ekspor yang cukup potensial. Menyadari akan hal itu, sudah sepantasnyalah untuk meningkatkan produktifitas usaha tani karet, utamanya di dalam bidang pengetahuan petani karet agar karet benar-benar dapat menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan. semoga bermanfaat

Penyakit yang sering muncul pada tanaman karet adalah

1.Penyakit daun (Helminthosporium)

Penyakit ini menyerang daun muda pada tanaman karet di waktu pembibitan. Daun menjadi cacat dan gugur, pucuk-pucuknya menjadi gundul.

Daun tua yang terserang menjadi berbercak-bercak coklat.

Pengendalian : mengelola tanaman secara tepat, agar tanaman tidak lemah. Selain itu perlunya memilih bibit karet yang sesuai dengan kondisi lingkungan, sehingga tidak timbul penyakit ini.

2.Penyakit embun tepung

Cendawan menyerang daun-daun muda, menyebabkan bintik-bintik putih pada daun. Apabila serangan berat maka seluruh permukaan daun akan tertutup oleh lapisan putih. Daun akan menjadi kering dan gugur.

Pengendalian : sama seperti cara pengendalian penyakit daun diatas.

3.Penyakit cendawan akar putih

Tanaman karet yang terserang penyakit ini di ketahui dari perubahan warna daun. Daun pohon yang terserang akkan menjadi layu, berwarna kuning dan akhirnya gugur. Bila tanaman yang terserang penyakit ini dibongkar, maka akan terlihat benang cendawan berwarna putih atau kekuning-kuningan pada akar.

Pengendalian : Pohon yang terserang di tebang, tunggul dan akarnya di bongkar dan dibakar.

4.Penyakit gugur daun

Menyerang daun muda dan daun tua, dimana terbentuk bercak hitam pada tulang daun dan urat daun. Pada perkembangannya, terbentuk bercak berbentuk bulat, warna kuning, dan daun gugur.

Pengendalian : penggunaan bibit yang tahan/sesuai dengan lingkungan penanaman. Selain itu perlu di lakukan pemupukan agar tanaman menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit.

One thought on “Penyakit pada Tanaman Karet serta Cara Pengendaliannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s