Menginstal Printer Pada Notebook

Printer adalah salah satu barang yang diperlukan oleh seseorang yang memiliki PC/laptop, notebook. Dengan Printer, ia dapat mencetak hasil kerjanya ataupun hasil karyanya. Jadi, printer ini sangat dibutuhkan oleh siswa, mahasiswa, guru, pegawai, dan lain sebagainya, bahkan dari printer Anda dapat menghasilkan uang.
Ketika Anda membeli printer, Anda harus menginstalnya pada PC/Laptop/notebook Anda, setelah itu baru bisa anda operasikan. Tidak ada masalah yang terjadi ketika Anda langsung menyuruh penjual tempat Anda membeli untuk menginstalnya, namun ketika Anda tidak menyuruh mereka menginstal, itu artinya, Anda harus bisa menginstal sendiri.
Sebenarnya mudah, jika Anda menggunakan PC/laptop yang di lengkapi dengan CD-Room (Atau sejenisnyalah, aku juga rada-rada gak tau namanya… :lol ), Anda tinggal mengikuti instruksi yang tampil pada monitor. Lain halnya, ketika Anda harus menginstalnya pada Notebook yang tidak di lengkapi CDR.

Sepengalaman dan setau saya, empat cara yang bisa Anda coba :
1. Download drivernya di Internet
Untuk yang satu ini, saya tidak pernah mencoba, tapi dari hasil baca-baca, katanya bisa jadi alternatif untuk notebook yang tidak ada CDR. Namun bagi anda yang tidak mau direpotkan oleh yang satu ini, lebih baik cek cara selanjutnya…..
2. Gunakan CD-Room Eksternal
Ini gampang, cukup Anda keluar uang untuk membeli CD-Room eksternal, Anda akan dengan sangat mudah untuk melakukan penginstalan tersebut.
Tidak usah ragu untuk membelinya, karena setelah Anda melakukan penginstalan printer, Anda dapat mempergunakannya untuk menonton sepuasnya, gkgkggkggk….
3. Manfaatkan Flashdisk Anda
Jika Anda punya FD, pergunakanlah itu (minimal 2GB). Namun untuk melakukan ini, anda harus pinjam PC/Laptop orang lain yang memiliki CDR. Caranya begini :
Colokkan FD Anda pada Laptop tersebut, dan juga kemudian masukkan kepingan CD untuk menginstal printer Anda pada CDR laptop tersebut. Setelah semuanya siap, silahkan buka Computer dan klik kanan pada CD tadi, pilih copy. Kemudian pastekan kedalam FD Anda tadi. Tunggu sampai proses penyalinan selesai, jika sudah selesai, eject FD Anda dan colokkan ke notebook yang akan Anda instal. Bisa Anda buka kembali yang tadi dan ikuti instruksi yang tampil untuk melakukan penginstalan.
4. Antar ketempat Anda beli/orang yang bisa melakukannya
Hahaha….ini cara yang terbaik deh…. kalo gak mau repot-repot bereksperimen, mending balik ke toko tempat anda membelinya dan suruh mereka menginstalnya….

Diantara empat cara diatas, nomor dua dan tiganya sudah pernah saya praktekkan pada printer punya teman di asrama ini. Yah, saya bahagia sekali karena diberi kesempatan untuk melakukan percobaan seperti itu (#saking bahagianya nginstal sambil jingkrak-jingkrak), apalagi poin yang ketiga, ketika berhasil dan sukses, rasanya melayang-layang kesana kemari…. yeah… beginilah kehidupanku disini, jadi anak Teologi tapi tetap belajar untuk hal-hal yang seperti itu (Sambilan, euyyyy).

Mungkin ada pembaca yang tau cara lainnya, mari tambahkan di komentar…..

Lewat tulisan ini juga, saya ingin bertanya.

Beberapa bulan yang lalu saya membeli printer Canon Pixma MP287, kartrijnya sudah beberapa kali saya isi dengan tinta refill, dan tidak ada masalah. Tapi kenapa, beberapa hari yang lalu, ketika saya mengisi tintanya dan melakukan pencetakan, hasilnya tulisannya menjadi bergaris-garis, setiap tiga baris tulisan, tulisannya hilang. Saya coba menyalin, hasilnya juga sama seperti hasil pencetakan.
Sudah saya lakukan beberapa kali pembersihan, pembersihan tingkat dalam, penjajaran kepala cetak, dan sebagainya, bahkan kartrijnya sudah saya coba rendam di air hangat. Mungkin ada yang tau kenapa dan cara mengatasinya? Apakah ini sudah waktunya bagi saya untuk ganti kartrij saja?

Terimakasih….. “berbagi gak akan rugi”

12 thoughts on “Menginstal Printer Pada Notebook

  1. oh kalau masalahmu itu, artinya printernya minta perawatan. coba masuk ke menu my printer atau pas mau ngeprint di word atau apapun, pilih properties, pilih menu perawatan atau kalau dalam bahsa inggrisnya maintance, disitu ada berbagai pilihan. ada pembersihan, pembersihan tingkat dalam, pemeriksaan mulut semprot, dsb. kamu coba di pembersihan aja dulu beberapa kali. biasanya pasti bagus lagi deh printermu. selamat mencoba😀

  2. saya mau tanya dong
    saya baru beli nb
    trus printer saya mau di instal ke nb saya,nb kan ga ada cd roomnya,,trus gimana

    balas segera ya

    • ada dua cara. yg pertama gunakan CD – ROOM eksternal, bisa eli atau pinjam dari temen. trus colok aja tu di NB. yang kedua, kamu bisa pinjam laptop teman yang ada CD-ROOMnya trus masukkan disk ke dalam CD-ROOM laptop tsb. sesudah itu, kamu lihat di computer, klik kanan pada drive CD tadi, misalnya Drive E, trus kamu copy ke flashdisk. setelah proses copynya benar-benar selesai, tinggal colok aja tu flashdisk di NBmu. oke… semoga bermanfaat

  3. kurangi isi tinta pada tabung infus supaya tekanan tidak terlalu tinggi.jika sudah dilakukan clening masih bergaris.atau mgkin jgn ngeprint terlalu banyak ada jedahnya. atau dengan rhbah cetakan standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s