Pulau Kembang, It’s feel like home

berdasarindexkan data yang saya baca di wikipedia, Pulau Kembang adalah sebuah delta yang terletak di tengah sungai Barito yang termasuk di dalam wilayah administratif kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, provinsi Kalimantan Selatan. Pulau Kembang terletak di sebelah barat Kota Banjarmasin. Pulau Kembang ditetapkan sebagai hutan wisata berdasarkan SK. Menteri Pertanian No. 788/Kptsum12/1976 dengan luas 60 Ha. Pulau Kembang merupakan habitat bagi kera ekor panjang (monyet) dan beberapa jenis burung. Kawasan pulau Kembang juga merupakan salah satu obyek wisata yang berada di dalam kawasan hutan di Kabupaten Barito Kuala.

 Hari Selasa, tanggal 5 Nopember yang lalu, saya Foto3260berkesempatan mengunjungi pulau Kambang, yang terletak di kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Saya pergi kesana bersama dengan teman-teman semester 3. lumayan lama juga perjalanan menuju kesana dengan menggunakan kelotok (kapal).  namun bagi seorang anak Ampah seperti saya, pemandangan di pinggiran sungai memiliki keunikan tersendiri, hehehe (tulisan mengenai ini akan diposting kemudian).

Ketika masuk ke dalam hutannya, suasananya sempat membuat saya merasa “feel like home”, hehehe. Maklumlah, selama tinggal di Banjarmasin, ngeliat kumpulan pepohonan yang rindang itu termasuk momen yang “limited edition”, jadi kangenlah dengan suasana di Amsterdam. Melihat banyaknya monyet di pulau Kambang, membuat saya teringat sama monyet-monyet yang kebetulan juga sering lewat di belakang rumah saya. Pokoknya, it’s feel like home!

Para pengunjung yang mengunjungi pulau ini pada hari itu lumayan banyak, bahkan ada beberapa diantaFoto3239ranya adalah para turis asing. Untuk tarif masuk dipasang biaya Rp 5000,- untuk pengunjung biasa dan Rp 25000,- untuk para turis. Jadi lumayan murah. Disana ada sebuah bangunan sejenis klenteng dengan patung Hanoman, sebuah bangunan tempat mandi kembang, dan beberapa tempat untuk beristirahat. Disana juga ada warung, namun tentunya anda harus siap dengan harga yang sedikit lebih mahal dari harga biasanya, misalnya saja sebotol sprite ukuran kecil harganya adalah Rp 7000,- dan taro yang kecil Rp 2000,- sebuah.Tempat wisata ini lumayan menarik, selain karena keunikannya sebagai sebuah pulau yang terletak ditengah-tengah perairan Barito, juga karena banyaknya monyet-monyet yang berkeliaran dipulau ini. Sayangnya di tempat ini ada banyak sampah, seperti tisu, botol, dan bungkusan kacang, hal ini membuat tempat ini agak kurang enak jika dilihat. Namun sebagai saya mengakui ini adalah salah satu dari banyak daya tarik provinsi Kalimantan Selatan.

Bagaimana dengan Kalimantan Tengah? Apakah ada tempat dimana aneka ragam satwa kita dilindungi dan dijaga? Dan adakah tempat wisata yang menarik yang cukup terpelihara sehingga dapat membuat para turis asing berminat mengunjunginya? Bukan maksud saya untuk membandingkan dua provinsi ini, namun kenyataan yang ada di Kalimantan Tengah, khususnya di Barito Timur terkadang membuat hati merasa tidak nyaman. batu-batu unik yang ada di tempat wisata malah dirusak dan menjadi kehilangan nilai sejarahnya. tempat-tempat wisata yang lain pun tidak terawat. (https://lafriofkalteng.wordpress.com/2011/05/29/ku-untuk-si-bartim/)

baiklah daripada saya berpanjang lebar yang bisa bikin sakit hari lebih baik mari check it out aja sebagian dari gambar-gambar hasil buruan saya!

Foto3234

Foto3236

Foto3233

kYo, jalan-jalan ke pulau kembang…..

Foto3195

7 thoughts on “Pulau Kembang, It’s feel like home

  1. Pulau Kembang merupakan habitat bagi kera ekor panjang (monyet) dan beberapa jenis burung . Kawasan pulau Kembang juga merupakan salah satu obyek wisata yang berada di dalam kawasan hutan di Kabupaten Barito Kuala.

  2. I got what you mean , thankyou for putting up.Woh I am thankful to find this website through google. “You must pray that the way be long, full of adventures and experiences.” by Constantine Peter Cavafy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s