Rekomendasi Lagu (2) : Lagu Bahasa Jerman

Hallo! Guten tag! Wie gehgermant es ihnen?

Well, bahasa ini secara lisan kedengarannya mirip-mirip Bahasa Inggris. Tapi secara tulisan, jangan ditanya, karena tentu saja lebih rumit dari Bahasa Inggris. Sampai saat ini, saya masih sangat asing dengan bahasa yang satu ini.

Pertama kali saya mendengar secara langsung bahasa ini adalah ketika dosen tamu sekolah saya sedang berbincang-bincang, yakni Pdt. Dr. Uwe Hummel dan Prof. Andreas Heuser. Kebetulan beliau berdua adalah orang Jerman. Seperti biasa, meskipun sikap ndeso saya muncul (nganga-nganga), tapi saya tetap bersikap profesional dengan mencoba mendengarkan dan menganalisis artinya. Kesimpulannya, entah karena telinga saya yang ndeso maka saya katakan saja “it’s sounds like English”.

Tidak banyak lagu Jerman yang saya tahu. Apalagi lagu-lagu yang terbarunya. Saya hanya mendengar beberapa lagu berbahasa Jerman saja dan ini adalah lagu-lagu lawas. Itupun awalnya karena saya hanya ingin mencoba untuk membiasakan telinga saya untuk mendengar Bahasa Jerman. Tapi terus terang, saya mengakui jika saya juga jatuh cinta dengan lagu-lagu ini. Ya, meskipun lagu lawas….

  • Du – Peter Maffay

Du yang artinya you atau kamu adalah lagu yang romantis. Jujur saja, ini adalah lagu berbahasa Jerman pertama yang saya dengar. Pertama dan saya langsung suka.

  • Leben ist Schon – Eisblume

Leben ist Schon artinya hidup ini indah. Lagu ini juga lagu yang enak didengar.

  • Louise – Eisblume

Masih penyanyi yang sama dengan gaya yang tidak jauh berbeda. Lagu ini juga lumayanlah untuk didengarkan.

Saya tidak tahu banyak lagu bagus lainnya dalam Bahasa Jerman, terutama lagu-lagu bergenre pop seperti di atas. Kalau genre klasik, saya tahu ada banyak yang bagus. Tetapi saya bukan tipe orang yang bisa menikmati musik klasik, karena itu go on lah. OK, jika ada diantara Anda-anda sekalian ada yang mengetahui lagu berbahasa Jerman yang bagus, entah ritmenya melow atau rock, romantis atau galau, boleh rekomendasi lewat komentar Anda. If you know the nice songs in German Language, please give me the recommendation. Auf wiedersehen! Danke!!!

Tinggalkan Balasan

