“Selamat Paskah, Semangat Natal!”

Markus 16:1-8, (Kebangkitan Yesus)

Sidang jemaat yang dikasihi Tuhan, apa yang anda lakukan untuk menyambut hari Paskah ini? Biasa-biasa saja? tanpa persiapan? Seandainya ini hari Natal, saya yakin ada banyak sidang jemaat yang mengenakan baju baru. Pulang kerumah, sudah ada banyak makanan yang menanti. Pergi ketempat sanak saudara.05 Jesus di Salib

Bahkan jauh-jauh hari, satu bulan sebelum hari ini, ada diantara sidang jemaat yang sudah merancang-rancang apa yang akan dibuat/dimasak untuk natal, mau jalan-jalan kemana, mau kasih kado apa untuk anak. Bahkan ada yang awal nopember sudah pasang pohon natal! Sementara ibadah natal, dirayakan hampir setiap hari di bulan Desember. Ada natal umum, natal kategorial, natal per-etnik, dan juga natal di lingkungan masing-masing.

Tetapi mari kita melihat, apa yang sudah kita persiapkan untuk menyambut Paskah? Tidak ada! Hanya pelaksanaan lomba paskah rutin se-resort. Hanya membeli lilin, menyiapkan karangan bunga dan bunga rampai, serta membersihkan kuburan keluarga kita. bahkan ada yang tidak mempersiapkan apa-apa. Sehingga Jumat agung, hanya ibadah di gereja. Sabtu, kosong. Minggu, datang lagi ke gereja untuk ibadah minggu sekaligus ibadah paskah. Pulang dari gereja, ya sudah, sekian.

Sidang jemaat yang dikasihi Tuhan. Ini adalah gambaran jika kita masih belum sepenuhnya mengerti dan menghayati makna dari Paskah, makna dari kebangkitan Yesus! Dari tahun ketahun, ada banyak pendeta yang berkhotbah mengenai makna paskah, makna kebangkitan, dan semacamnya. Juga ada banyak buku-buku dan tullisan-tulisan yang bisa dibaca untuk mengetahui makna Paskah. bahkan jika sidang jemaat diminta untuk membuat definisi pribadi mengenai paskah, sidang jemaat pasti bisa membuatnya. Tetapi kembali lagi ke awal, bahwa kita belum sepenuhnya menghayati makna dari Paskah itu sendiri.

Injil Markus menempatkan kebangkitan Kristus sebagai titik puncak dari karya Yesus ditengah dunia dalam wujudNya sebagai manusia. Paskah adalah peristiwa penting dalam kehidupan iman Kristen. Yesus tidak akan pernah benar-benar kita imani jika Ia hanya mati, tetapi tidak bangkit. Ia hanya akan menjadi manusia ajaib karena mujizat-Nya. Ia tidak akan menjadi “seseorang” yang berbeda tanpa kebangkitan-Nya. Ia akan menjadi manusia yang sama seperti kita, jika sudah mati tidak ada harapan untuk hidup lagi. Tetapi inilah yang membuat Kristen itu unik. Yesus yang dipercayai oleh orang Kristen adalah Allah yang berkuasa atas kematian. Ia benar-benar bangkit (1Kor. 15:20).

Dari tadi kita banyak berbicara mengenai paskah. apa hubungan antara Paskah dan semangat? Injil Markus juga adalah satu-satunya Injil yang menyatakan dampak dari kebangkitan Yesus secara langsung dalam perikop yang sama. Kita sudah bersama membaca nast tadi, dan kita bisa lihat bahwa dampak kebangkitan Yesus segera sampai dan berefek bagi para murid. Bisa kita lihat pada ayat yang ke-8, kalimat terakhir Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu. Dari sini, meskipun secara tersirat, sangat jelas bahwa kebangkitan Yesus, bukan hanya menjadi suatu berita, tetapi bisa menjadi penyemangat bagi para murid. Bisa kita maklumi, karena pada saat itu, para murid memang tengah dalam suasana bersedih atas kematian Yesus. Mereka memang pernah mendengar jika Yesus mengatakan kepada mereka bahwa Ia akan bangkit. Tetapi perlu kita ingat konteks waktu itu, tidak ada orang yang bangkit dari mati, kecuali beberapa yang dibangkitkan oleh Yesus. Sementara para murid tidak pernah tahu, apakah Yesus akan benar-benar bangkit ataukah akan sisa tulang belulang di dalam kubur sebagaimana manusia lainnya? Oleh karena itu, ketika mereka tahu bahwa Yesus telah benar-benar bangkit, mereka mengimaninya dan sangat percaya. Dampak yang sangat luar biasa adalah berita tersebut memberikan semangat yang luar biasa bagi para murid untuk menyatakan kebenaran tersebut. meskipun mereka dihalang-halangi oleh para Farisi-Saduki, tetapi mereka tetap menyatakan kebenaran bahwa Yesus telah dibangkitkan dan memberikan keselamatan kekal bagi yang percaya kepada-Nya.

Sidang jemaat, jika para murid bisa seluarbiasa itu semangat mereka, bagaimana dengan kita? jangankan semangat sesudah paskah, semangat menyambut paskah pun, kita sudah sangat memprihatinkan. Padahal, semangat merupakan ucapan syukur kita atas kebangkitan Yesus. Semangat itu harus nyata dan berdampak, baik sebelum paskah maupun sesudah paskah. Contoh nyata semangat sebelum paskah adalah kita bersemangat untuk merayakan Paskah, sebagaimana kita merayakan natal. Juga semangat kita untuk memperbaharui iman kita. Sementara contoh nyata semangat sesudah paskah adalah semangat kita untuk hidup secara baru, semangat untuk memulai hidup dengan tindakan-tindakan yang benar dengan kehendak Tuhan, dan yang paling penting adalah semangat untuk menyatakan Injil, bersaksi tentang kebangkitan Yesus, menyatakan iman kristen kepada orang lain, baik melalui pikiran, perkataan, dan perbuatan kita.

Apakah paskah identik dengan kesedihan? Tidak. Paskah bukan jumat agung. Kebangkitan Yesus bukan kematian Yesus. Jika dalam jumat agung, kita boleh bersedih, karena Yesus mati, layakkah kita tetap bersedih jika Yesus bangkit dari kematian-Nya? Sebagaimana kelahiran-Nya, maka kebangkitan-Nya juga harus disambut dengan penuh kegembiraan. Jika lagu KJ no 99, Gita Sorga Bergema berkata : “Lahir raja mulia”, kenapa tidak kita ubah dengan “Bangkit raja mulia”. Bukankah “damai dan sejahtera turun dalam dunia” melalui natal dan juga melalui paskah? Selamat merayakan paskah dengan semangat Natal! Selamat Paskah semangat Natal!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s