Nice to Meet You Again

Hi, lama tidak bersua. Selama dua bulan penuh, bahkan lebih, blog sederhana ini tidak terupdate postingannya. Tapi terima kasih karena tetap ada pengunjung setia, baik yang meninggalkan jejaknya lewat komentar ataupun yang hanya berkunjung melihat-lihat isi blog ini.

Terima kasih juga jika ada yang merasa menemukan tulisan yang bermanfaat dari blog ini. Pada dasarnya, meskipun blog ini sudah berusia empat tahun sembilan bulan, saya selaku admin tetap merasa bahwa blog ini hanyalah sesuatu yang dibuat untuk hobi saja. Blog ini dibuat sebagai wadah untuk menulis, mencurahkan opini dan bahkan curhat. Namun disamping hal-hal kurang penting tersebut, tetap ada tulisan-tulisan lain yang berbobot serius dan memberikan manfaat serta pengetahuan bagi kita semua. Ya, jika hari ini blog ini kembali aktif dengan “membom” postingan, semoga kedepannya blog ini bisa semakin memberi manfaat bagi siapa saja yang sudi berkunjung di sini.
By the way, selama dua bulan terakhir, yakni sepanjang Juni Juli 2015, saya tidak update postingan tentunya karena ada alasan. Alasannya tentu saja berkaitan dengan pelaksanaan PPL yang kedua. PPL atau Praktek Pengenalan Lapangan yang kedua kali ini adalah di Resort Hanua Ramang. Saya ditempatkan di jemaat Hurung yang berada di Desa Hurung, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah. Resort ini terletak di Jalan lintas Palangkaraya – Kuala Kurun. Dari Palangkaraya hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai di Resort Hanua Ramang ini. Sementara untuk menuju ke Kuala Kurun, membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Resort.
So pasti, ada banyak pengalaman yang saya dapatkan selama PPL 2 ini, mulai dari budaya orang di daerah sana sampai pada masakan yang “baru” di lidah seorang Ma’anyan-Lawangan seperti saya. Mendapatkan banyak kenalan, teman, dan keluarga yang baru. Demikian juga dengan pengalaman yang berkaitan dengan kegiatan pelayanan, ada banyak pengalaman baru yang tidak saya dapatkan ketika PPL 1 dulu. Beberapa kesempatan untuk mempelajari atau melihat berbagai pelaksanaan ibadah. Bahkan juga kesempatan untuk mempraktekkannya langsung, misalnya dalam ibadah penghiburan, pemberangkatan jenazah sampai pada pelaksanaan pemakaman. Pengalaman berkaitan dengan mandi di sungai, naik alkon, dan lain-lain yang berkaitan dengan kehidupan sungai, menerobos banjir untuk menuju tempat pelayanan, setidaknya sudah pernah saya coba selama dua bulan ini. Melalui pengalaman selama PPL ini juga saya banyak belajar untuk mempraktekkan pelajaran yang saya terima sewaktu kuliah.
Masa PPL 2 ini telah berakhir dan saya telah kembali ke Banjarmasin. Suatu tantangan yang harus ditaklukkan dalam satu tahun kedepan, yakni penulisan skripsi! Meskipun saat ini saya masih galau dan tidak memiliki satu pun ide di otak berkaitan dengan apa yang akan saya tulis, namun saya yakin bahwa segalanya akan indah pada waktunya!
Penutup dan kesimpulan yang sama seperti PPL 1 : Ada tanah yang subur, ada juga yang setengah subur, tapi kebanyakan adalah yang kurang bahkan gak subur. Nah yang kurang dan gak subur ini yang jadi masalah. Dicoba untuk digemburkan, dicangkul, dipupuk, dan lain sebagainya, tampaknya sulit sekali dan tidak ada hasil. Ya, labora sudah dilakukan, ora pun senantiasa dipanjatkan. Tapi, mungkin memang belum waktunya dan mungkin ada pekerja Tuhan lainnya yang bisa lebih sukses untuk menggemburkan tanah yang ada disini.
Baiklah, mungkin ajang curhat ini cukup sampai di sini, lain kali akan saya sambung lagi. Berikut beberapa foto selama pelaksanaan PPL 2 di Resort Hanua Ramang! Check it Out…..

Lomba Sepakbola Dangdut memperingati hari perempuan GKE se Resort Hanua Ramang

IMG_20140715_221916

Photo bersama jemaat Hurung

SPPer

LAtihan PAduan suara menjelang lomba hari perempuan

Sambung tali2

Games sambung Tali – SPP/R Hurung

IMG_12669219634602

Foto bersama

IMG_20140715_222110 IMG_20140715_222034 DSC_0000526 DSC_0000547 DSC_0000567

Tinggalkan Balasan

