Awam Komputer Berbagi (1) : Mengubah Ukuran Margin dari Inchi menjadi Cm

Semoga bermanfaat! Saya orang “awam komputer”. Oleh sebab itu, menuliskan hal ini pun agak malu rasanya. Namun, berbagi tidak mengenal awam atau ahli, karena semuanya adalah untuk kebaikan bersama. Sengaja saya kumpulkan berbagai trik untuk mengatasi masalah-masalah sederhana itu di dalam edisi “Awam Komputer Berbagi”.

Trik ini sebenarnya sebagian hasil utak-atik, hasil dari menutupi kekurangan laptop tersayang, dan hasil dari jawaban atas pertanyaan teman-teman seputar masalah laptop mereka. Semoga yang saya bagikan disini juga bisa menjawab pertanyaan kawan-kawan, yang kebetulan searching di google dan nyangkut di blog ini. Sekali lagi, saya “awam komputer” yang hanya ingin berbagi.

Dari sederet Microsoft Office yang terinstal di PC kita, sudah pasti bahwa Microsoft Word (selanjutnya disingkat Ms. Word) menempati posisi yang paling “akrab” dengan kita. Terutama bagi kaum siswa dan mahasiswa, dimana hampir semua tugas harus diketik rapi dalam Ms. Word, dengan berbagai format penulisan, yang kemudian akhirnya diprint. Meskipun akrab, tidak semua dari kita bisa menaklukkan si Ms. Word ini. Seringkali muncul masalah-masalah yang kemudian membuat kita merasa terganggu dalam pengetikan karena tidak sesuai dengan format yang kita inginkan. Apa saja masalah itu? Di sini ada beberapa masalah yang seringkali saya maupun teman-teman temukan saat berinteraksi dengan si Ms. Word ini. Untuk diketahui, versi Ms Word yang saya gunakan ini adalah Ms. Word 2010.

Mengubah Ukuran Margin dari Inchi menjadi Cm

Sebenarnya ini adalah hal yang sangat mudah, terutama bagi yang suka mengutak-atik pengaturan di Ms. Word. Namun tetap tidak menutup kemungkinan ada orang-orang tertentu yang masih tidak tahu cara merubah ukuran margin dari inchi menjadi cm. Memang ada cara mudah, yakni tinggal hapus inchi (“) dan ketikkan cm dibelakang angka. (>>>>)

1

Memang cara itu mudah, tapi rasanya agak repot, karena kita mesti selalu ingat untuk mengetikkan kata “cm”-nya. Ada cara yang lain, tetapi lumayan repot, yakni dengan mengkonversi 1 cm berapa inchi? Kalau yang satu ini, khusus buat orang-orang yang suka berhitung.

OK, mari kita membuat ukuran cm sebagai ukuran permanent di page setup kita.

  1.  Klik File, pilih options

2

2. Ikuti gambar berikut

3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s