Awam Komputer Berbagi (3) : Solusi Keyboard Bermasalah

Keyboard laptop atau notebook Anda bermasalah? Ada tombol-tombol yang tidak merespon ketika dipencet? Jangan putus asa dan membanting laptop Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara yang paling praktis adalah cara pertama, tapi bagi yang tidak punya cukup uang atau waktu, bisalah melirik solusi selanjutnya. Bagi yang memiliki masalah dengan keyboard, ada lima solusi untuk ini.

Pertama, buat yang punya banyak duit, langsung aja ganti keyboard laptop/notebook anda. Untuk ini, Anda harus datang ke service komputer. Tidak mahal, paling 300 ribuan. Selain itu, tentunya anda harus bersabar menunggu proses servis yang mungkin saja memakan waktu lama.

Kedua, bagi yang setengah kere, Anda bisa beli keyboard untuk PC biasanya. Sudah ada beragam pilihan keyboard yang dijual oleh orang. Ada yang canggih (pakai wireless. Ada yang persis keyboard PC, tapi repot kalau harus bawa kesana-kemari. Ada yang menggunakan bahan elastis, yang satu ini agak praktis. Harganya pun beragam, tapi pastinya tidak lebih mahal dari harga solusi pertama.

Ketiga, khusus bagi yang kere, tapi masih punya harapan besar bahwa keyboardnya masih bagus. Solusinya adalah coba uninstall Keyboard Anda di Device Manager. Tapi maaf, karena saya bukan tipe yang ngarep keyboard laptop masih bagus, jadi untuk cara yang satu ini saya masih kurang paham. Mungkin searching saja di google, semoga ada.

Keyboard device

Keempat, kembali bagi yang kere tapi urat optimisnya masih sebesar pohon beringin, anda bisa coba bongkar sendiri keyboard yang bermasalah itu. Siapa tahu ada makhluk halus yang nyangkut dan menghalangi kinerja tombol-tombol tersebut. Untuk solusi yang satu ini, saya mengakui pernah mencobanya, tapi hasilnya nihil. Tapi tidak ada salahnya, Anda mencoba. Siapa tahu keyboard Anda bermasalah karena ada kotoran, tapi ingat tujuan Anda adalah untuk membersihkan (bukan untuk merusak), jadi Anda harus hati-hati ketika melepas-lepas tombol tersebut.

Kelima, khusus bagi yang kere, Anda bisa pakai solusi On Screen Keyboard. Ini tidak perlu diinstal, karena memang sudah ada dari sono-nya di laptop Anda. Cara untuk memunculkannya sederhana saja : Start, All programs, Accesories, Ease of Access, On-Screen Keyboard.

Berhubung laptop saya, hanya rusak di tombol backspace, Enter, Del, Home, Pg Up, Pg Dn, End dan tiga tombol navigasi (up, bottom, dan right), solusi keempat cukuplah untuk sementara ini. Tapi ketika laptop ini mengalami masalah ketika booting, ya, solusi kedua pun mau tidak mau harus direalisasikan. Namun sejauh ini, saya bahagia dan terbiasa tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam demi mewujudkan solusi pertama.

One thought on “Awam Komputer Berbagi (3) : Solusi Keyboard Bermasalah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s