Taman Satwa Jahri Saleh Banjarmasin

Edisi jalan-jalan kali ini adalah taman satwa di Jalan Jahri Saleh Banjarmasin. Pernah ke sini? Waktu masih SD dulu, saya pernah ke kebun binatang di Banjarmasin, tapi apakah ini kebun binatang yang saya kunjungi dulu atau bukan, saya sudah lupa. Silahkan googling untuk detail lengkapnya mengenai kebun binatang ini, karena saya di sini hanya memberikan gambaran umum yang saya ketahui dan rasakan selama berada di kebun binatang ini (mohon maafkan penulis yang tidak bertanggung jawab ini).

Sesekali jalan-jalan ke kebun binatang atau taman satwa sejenis ini tidak ada salahnya, kan? Daripada saya selalu ke gramedia, menghabiskan uang untuk membeli kumpulan-kumpulan kertas yang dijilid dan diberi nama sebagai “buku” atau berada di kos, hanya untuk berhadapan dengan laptop tersayang dan berbagai buku serta dokumen yang membuat otak kram, ditambah lagi dengan bab analisa yang kurang analitis, dlsb, makanya kemudian saya dan kawan-kawan memilih untuk refreshing saja. Saya berangkat bersama tiga teman. Kami berangkat pada hari libur, yakni bertepatan dengan gerhana matahari pada hari Rabu, 09 Maret 2016 yang lalu. Perjalanan dari kos saya ke TKP tidak memakan waktu yang lama. Dari jalan Bali ke Jahri Saleh tidak sampai setengah jam.

Motivasi saya ke taman satwa ini adalah melihat buaya dan ular. Haha… ekstrim sekali, ya? Tapi saya kecewa, karena ternyata tidak ada ular. Hiks… tapi sedikit terhibur karena saya melihat 4 ekor buaya yang ukurannya cukup besar. Puas jadinya. Selain itu, kami berfoto sepuas-puasnya bersama binatang-binatang itu, kecuali buaya (bayangkan kalau saya berfoto bersama buaya, bisa-bisa saya jadi terkenal karena masuk koran dengan headline “meninggal akibat selfi dengan buaya”. Wow, jangan sampai terjadi, hahahaaa).

Di taman satwa Jahri Saleh ini, terdapat berbagai zona untuk hewan-hewan yang ada di sini, seperti zona buaya, zona aves, zona primata, dan lain sebagainya (saya lupa dan juga tidak ada mencatat). Hewan-hewan yang ada di sana, antara lain buaya, elang, enggang, merpati, bebek, ayam, kalkun, kakaktua, rajawali, bekantan, siamang, beruang madu, bangau, ayam mutiara, dan lain-lain.

Pada hari kami berkunjung ke sini, ada banyak pengunjung yang datang dengan keluarganya. Sebagian membawa makanan dari rumah dan makan bersama-sama di sini. Memang ada disediakan tempat untuk bersantai, tapi kondisinya kurang bersih. Selain itu juga ada area permainan untuk anak-anak. Di taman satwa ini, ada banyak yang berjualan, mulai dari pentol, es kelapa sampai bakso. Jadi jika tidak membawa makanan dari rumah, jangan kuatir kelaparan atau kehausan. Asal ada uang, anda akan bebas memilih mau makan apa.

Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke sini? Biaya masuk sangat murah, yakni untuk anak-anak hanya Rp 2.000,00 saja, sedangkan dewasa adalah Rp 4.000,00. Biaya parkir motor hanya Rp 2.000,00. Nah, terjangkau saja kan modalnya?

Berikut  beberapa foto-foto kami di taman satwa Jahri Saleh.

 

Tinggalkan Balasan

