Awam Komputer Berbagi (7): Goodbye, WMM and Welcome, WF

Capture.JPGSetelah diupgrade dari win 7 ke win 10, beberapa aplikasi di laptopku menjadi bermasalah. Salah satunya adalah Windows Movie Maker alias WMM. Aplikasi ini adalah aplikasi pembuat movie yang lumayan mudah untuk mengoperasikannya. Dulu waktu masih win7, saya mengunggulkan aplikasi ini. Pernah sih menggunakan Picassa, tapi ya hasilnya standar. Hasil dari WMM lebih bagus karena ada fitur-fitur yang membuat movie yang kita hasilkan menjadi lebih canggih. Beberapa video yang saya upload ke youtube adalah hasil dari WMM ini.

Nah, setelah iseng upgrade windows Desember kemarin, lumayan lama dimana saya tidak pernah membuat video lagi. Pas ketika diminta teman untuk membuat video sederhana untuk ditampilkan saat ibadah, di situlah saya merasa frustrasi. Pasalnya, baru beberapa menit si WMM langsung not responding. Saya terpaksa Close dan terpaksa juga mengulang kembali dari awal. Ya, sampai akhirnya saya menjadi putus asa.

Berangkat dari pengalaman ini, saya merekomendasikan sebuah aplikasi sejenis WMM, namanya Wondershare Filmora. Bawaannya tidak berat alias ringan buat win 10. Saya juga mengakui bahwa aplikasi ini lebih mantap dari pada WMM. Ada banyak template, baik yang sudah disediakan maupun yang tinggal didownload, ataupun impor saja dari komputer, hp atau kamera. Template itu meliputi gambar, musik, video, text, dan lain-lain. Selain itu ada banyak efek dan transitions yang disediakan. Ada dua opsi yang disediakan, yakni easy mode dan full feature mode. So, jika anda ingin membuat video yang super duper canggih, ya tentu saja gunakan opsi yang kedua.

Hanya saja, aplikasi ini sebenarnya aplikasi berbayar. Gak seperti WMM. Tapi bagi amatiran seperti saya, saya tidak akan merogoh kocek hanya demi membeli aplikasi ini. *sebenarnya alasannya karena gak ada uang, hahaaa* Jadinya saya pakai saja yang gratisan. Hasilnya? Tentu saja ada watermark di video yang telah selesai. Bikin nyeseknya lagi, tu watermark besar bangggeettt… tapi berhubung dunia sudah semakin canggih, dengan bermodal cerdik seperti ular, maka hilanglah si watermark itu. mau tau caranya? Silahkan searching saja di google. Sebab saya tidak akan melakukan plagiat.

Bagaimana, guys? Bagi pengguna win 10 dan suka membuat movie/video sendiri atau suka utak-atik komputer, saya rekomendasikan aplikasi ini. Wondershare Filmora.

So, Bye WMM and welcome WF in my world!

One thought on “Awam Komputer Berbagi (7): Goodbye, WMM and Welcome, WF

  1. Ping-balik: Awam Komputer Berbagi (9): Rekam Video dari PC Screen | Lia Af anak AMPAH

Tinggalkan Balasan

