Awam Komputer Berbagi (8): Language Interface Pack

Seringkali masalah utama dalam mengetik adalah salah ketik, ketinggalan huruf dan 2penyakit sejenisnya. Ini gawat sekali, kan? Apalagi jika yang diketik tersebut adalah tulisan yang sangat penting sifatnya, misal surat, makalah, atau skripsi. Jangan sampai gara-gara banyak salah ketik, tulisan kita menjadi sulit untuk dimengerti. Di sini saya akan berbagi cara supaya ketikan kita bisa menjadi lebih baik, dalam artisan tidak salah ketik. Memang tidak menjamin 100%, tetapi lumayan untuk mengurangi kesalahan pengetikan kata dalam Bahasa Indonesia.

Picture1Coba cek di bagian options di Microsoft Word Anda. Pilih Language. Akan muncul set the Office language preferences. Pada bagian choose editing languages akan terlihat bahasa-bahasa apa saja yang terinstall dan belum terinstal di PC Anda. Biasanya yang pasti sudah terinstal adalah bahasa English (U.S) dan sifatnya default. Di sini word hanya akan mengechek apakah tulisan kita sesuai atau tidak dengan tulisan dalam bahasa Inggris. Inilah sulitnya, kan kita tidak nulis pake basa Inggris?? Nah, di gambar ini adalah ketika bahasa Indonesia sudah diinstal dan menjadi mode default setiap kali saya mengetik. Artinya, setiap kali saya mengetik, word akan mengecek tulisan-tulisan tersebut dan mengoreksi jika ada yang salah ketik, seperti ketinggalan huruf. Ya, akan ada garis merah di bawah kata yang salah. Namun, sekali lagi saya ingatkan bahwa sebaiknya Anda juga berhati-hati, karena ada kata-kata yang benar secara tata bahasa Indonesia, namun tetap saja diberi garis merah. Cara untuk menghilangkannya adalah dengan klik kanan pada kata tersebut, pilih Ignore  atau add to dictionary.

CaptureMau mencoba? Mudah saja. Jika belum terinstal di PC kita, maka akan ada tulisan not installed. Klik tulisan itu dan anda akan dibawa langsung ke halaman di mana Anda bisa mendownload language interface Pack sesuai dengan bahasa yang anda pilih atau klik link berikut: LIP downloads . Cukup simple, kan? Informasi lebih lanjut, bisa tanya dengan mbah google…masih ada banyak informasi yang lebih lengkap dari pada postingan ini. Maklum, saya kan awam dalam masalah komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s