Learning Never End

image

Telah resmi meninggalkan bangku kuliah, namun bukan berarti proses belajar itu berhenti secara serta-merta. Bagi saya, yang namanya belajar itu akan terus dilakukan disepanjang hidup. Hanya saja dengan kemasan yang berbeda.

Saya telah menyelesaikan proses belajar di kelas dengan beragam teori. Inilah waktunya bagi saya untuk menyelesaikan proses belajar selanjutnya, yakni mempraktekkan teori yang telah diterima. Memang kedengarannya sangat muluk. Tapi ketika saya berpikiran demikian, maka itu artinya ada keyakinan bahwa ilmu yang saya dapat di perkuliahan pasti bermanfaat. Bahkan hasilnya nanti akan sangat luar biasa, yakni suatu evaluasi atas apa yang telah saya pelajari. Apa yang kurang, apa yang lebih, apa dan bagaimana mengkombinasikan beragam hal untuk menghadapi suatu permasalahan. Bagaimana bertindak tepat dalam menjawab kebutuhan.
Mungkin ada yang menilai bahwa saya terlalu berpikiran akademis. Benar! Karena bagi saya, pekerjaan apapun yang dijalani selepas kuliah adalah tahap/level belajar yang selanjutnya! Mengembangkan diri, mengevaluasi diri, memantapkan potensi, melayani dan berbagi, inilah belajar yang harus terus dijalani.
Saat ini saya telah berada pada jalan dimana pekerjaan saya berhubungan dengan latar belakang pendidikan saya. Suatu konsekuensi untuk diutus jauh, melintasi batas, meninggalkan zona aman. Namun selalu ada keyakinan bahwa yang terbaik selalu menjadi bagian yang telah ditetapkan Tuhan bagi saya. Ini adalah pekerjaan yang bukan main-main, ada banyak tuntutan yang harus dipenuhi, baik eksternal maupun internal. Tapi bukan berarti saya akan meninggalkan ‘kegilaan’ saya yang bermanfaat selama ini. Saya tetap berharap: menulis, blogging, menggambar, desain komunikasi visual, utak atik laptop, bahasa asing serta kegilaan lainnya akan terus menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup saya. Saat ini saya tidak tahu apakah ini akan bermanfaat bagi pekerjaan saya, tetapi itulah diri saya, nilai lebih saya. Entah diperlukan atau tidak, saya akan selalu belajar untuk terus mengembangkan diri.
Inilah postingan pertama di bulan Agustus, dalam status yang berbeda, tentunya dengan tempat dan suasana yang baru pula.

Tinggalkan Balasan

