Haha, Lucu….

Permainan usang yang terus dimainkan, “agama dijadikan sebagai benteng pertahanan sekaligus penyerangan”. Akibatnya parah, agama yang awalnya seharusnya menjadi sumber damai, kini menjadi sumber konflik. Salah sulut, api menyembur. Salah sikut, siap tempur. Sungguh lucu realita ini. Sedikit sentil masalah agama, tersinggungnya bukan main. Mati-matian membela. Seolah-olah akibat sentilan itu, Tuhan terkena serangan jantung dan masuk UGD.
Ah, Tuhan macam apa yang harus dibela mati-matian oleh pengikutNya? Tuhan seperti apa yang senang melihat pengikutnya saling sikut, saling bantai, saling tuduh dan menebar kebencian? Ah, seandainya manusia sadar, Tuhan yang benar tak perlu dibela. Jika Ia memang Tuhan, seluruh isi dunia kan milik-Nya, tinggal sentil saja sedikit, habislah kita. Tapi semangat keagamaanlah yang membuat manusia lupa bahwa Tuhannya berkuasa, lebih dari pembelaan yang dapat dilakukannya.
Sungguh lucu. Jadi benar, agama itu produk manusia. Oleh sebab itu, jelas ia bisa diperalat manusia, dibuang bila tak dibutuhkan, atau dipakai kala terdesak. Tapi apa-apaan ini? Perilaku beragama terkadang tak sesuai dengan perilaku berketuhanan atau berkeilahian. Agama baru ada isinya ketika ada Yang Ilahi didalmnya yang dipercayai manusia. Jika tidak demikian, ya cuma buatan manusia. Jadi, ketika apa yang telah diutarakan di atas terjadi, itu berarti kita hanya beragama, tapi masih belum ber-Tuhan!
Ah, entahlah. Tulisan ini tidak bermaksud merujuk, menuduh, menuding atau menyinggung siapa pun juga. Namun jika itu terjadi, berarti tulisan ini berhasil menjadi kritik sosial. Selebihnya, ini hanya pemikiran yang muncul seraya menunggu pagi, dimana mata masih tak kunjung mengantuk berkat secangkir kopi di tengah malam, dan semoga anda dapat mengerti rumitnya pemikiran yang datang tanpa permisi ini. Semoga….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s