Gunakan Rasa Humormu

image

Terpeleset, tersandung, terguling, terjatuh, terhempas, tertindas, terhimpit, tertekan. Bangun, bangkit, bertahan, berjuang, bersyukur. Dilukai, dikritik, dicaci, dimaki, dihina, dijauhi. Dicintai, dikasihi, disayangi, diterima, dihargai. Gagal, sukses, bahagia, sedih, tangis, tawa. Semuanya berputar bagai roda, kadang di atas, kadang di bawah, kadang di tengah.

Gunakanlah rasa humormu melihat realitas hidup. Bukan berontak, bukan mengelak, ataupun menolak. Tertawalah tentang banyak hal, karena hidup itu aneh. Ya, setiap hari mendaki bukit waktu untuk menuruni lembah akhir hidup. Setiap saat dipermainkan oleh waktu. Berbuat atau tidak hari ini, waktu tak punya toleransi, terus saja berlalu.
Tertawalah tentang dirimu sendiri. Sebab tidak ada yang seaneh dirimu. Bertahun-tahun kau hidup bersama dirimu, tapi masih belum juga mengenal dirimu. ‘Kan aneh??? Tak perlulah menertawai orang lain, karena itu tidak baik. Tertawa saja untuk dirimu sendiri, untuk hidupmu, untuk pengalamanmu dan untuk keanehanmu.
Namun ketika ada orang yang menertawakanmu atas apa yang kau lakukan, ingat bahwa ia belum sadar bahwa dirinya lebih aneh darimu karena tidak sadar keanehannya. Yakinkan bahwa tak ada seorang pun yang berhak menertawakan  apa yang telah kita lakukan dengan segenap hati, termasuk saat menjalani hidup, menunggu waktu berakhir.

Abaikan saja. Gunakan saja rasa humormu. Sebab seperti games Angry Birds, yang menertawakan kita adalah babi.

One thought on “Gunakan Rasa Humormu”

  1. You have made some decent points there. I
    checked on the internet for more information about the issue and found
    most individuals will go along with your views on this website.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s