Metode Menarik Untuk Pemberitaan Firman Tuhan (4)

IMG_20170829_063836Beberapa waktu yang lalu saya pernah posting tulisan tentang  metode pemberitaan Firman Tuhan. Sudah ada tiga tulisan yang berkaitan dengan ini. Silahkan dicek sendiri di dalam blog ini.  Saya senang karena ada banyak respon yang baik mengenai  tulisan ini,  baik itu yang tampak lewat komentar langsung di blog ini,  share di jejaring sosial,  bahkan yang terdeteksi lewat keyword yang nyangkut ke blog ini.  Melihat hal ini,  maka saya berpikiran untuk kembali menuliskan hal serupa.  Harapannya adalah ini bisa semakin memperkaya kita dalam menyajikan Firman Tuhan secara kreatif dan menarik.  Tingginya respon juga menurut saya ini mengindikasikan bahwa pada masa kini,  pemberitaan Firman Tuhan yang menarik dan kreatif,  khususnya yang dikemas dalam bentuk games adalah kebutuhan krusial.  Kejemuan kita akan sesuatu yang monoton membuat pilihan untuk sesekali meninggalkan gaya ceramah (khotbah)  menjadi keputusan.

Berikut beberapa metode yang bisa kita praktekkan dalam ibadah,  terkhususnya ibadah kategorial.  Semuanya sudah pernah saya praktekkan.  Mungkin saja ada beberapa yang sudah Anda ketahui.  Yo,  check it out!

  1. Sharing: Apresiasi lagu

Ini cukup mudah.  Anda hanya tentukan tema dan cari lagu yang berkaitan dengan tema. Jangan lupa juga cari ayat Alkitab yang akan direfleksikan.  Sebagai  contoh,  saya membut tema “pemuda Kristen berkualitas”.  Saya pilih lagu rohani berjudul “masa muda”  untuk dinyanyikan dan didiskusikan bersama.  Sebagai ayat Alkitabnya,  saya pilih Pengkhotbah 11:9-10. Bisa dilakukan secara berkelompok atau perorangan. Pembawa metode (PM) hanya menyimpulkan dari hasil diskusi bersama.

11

  1. Sharing: Kerendahan Hati

Tujuan dari sharing ini adalah agar peserta sadar bahwa selain kelebihan, setiap manusia pasti punya kekurangan. Tujuan akhirnya menumbuhkan rasa rendah hati.

Cara:

  • PM harus menyiapkan kertas sebanyak jumlah peserta yang hadir.
  • Setiap peserta duduk berpasangan.
  • Minta peserta untuk menuliskan 3 kelebihan dan 3 kekurangan dari kawannya. Lebih baik jika setiap pasangan sudah saling kenal sebelumnya, agar memudahkan mereka untuk melihat kelebihan dan kekurangan pasangan.
  • Setelah selesai, maka peserta diminta untuk membacakan kelebihan dan kekurangan yang ia lihat dari kawannya. Setelah selesai, ajak berdiskusi:
  1. Bagaimana perasaan ketika mendengar pujian kawan atas kelebihan kita?
  2. Bagaimana perasaan ketika mendengar ada kekurangan dari diri kita?
  3. Komitmen masing-masing.

Metode ini juga bagus jika dibawa dalam kelas katekisasi nikah. Tujuannya agar pengenalan antar pasangan dapat lebih intim.

3. Games: Menyusun Potongan Kertas

Untuk games ini, sebaiknya dibawa dalam kelompok.

  • PM harus menyiapkan pola terlebih dahulu. berikut pola yang saya sediakan:
  • PM memotong kertas sesuai pola, jadi untuk dua gambar di atas akan dihasilkan 10 potongan kertas dengan pola yang berbeda.
  • Sediakan sesuai dengan jumlah kelompok yang diperlukan.
  • Minta peserta menyusun potongan kertas tersebut. Bisa menjadi persegi atau persegi panjang. syaratnya adalah menjadi dua persegi/persegi panjang dengan masing-masing terdiri atas lima potongan kertas.
  • kreatifitas peserta sangat memungkinkan bahwa potongan akan tersusun menjadi persegi yang tidak sesuai dengan pola awal (gambar di atas)
  • Setelah selesai, beri kesimpulan.
  • Bisa dikaitkan dengan nas yang berkaitan dengan kerja sama, kesatuan atau ketekunan.

4. PENDALAMAN ALKITAB: Doa Bapa Kami

Pendalaman Alkitab ini pernah saya bawakan di ibadah Remaja dan Pemuda. Bagian ini bagian penting, karena remaja-pemuda perlu juga mengetahui makna yang terkandung dalam Doa Bapa Kami. Jangan sampai mereka hanya hapal dan mudah mengucapkan, tetapi tidak mengetahui maknanya. Berikut adalah lembaran yang bisa dibagikan kepada peserta.:

Capture

Di sini memang sengaja saya bagi ke dalam empat kelompok, agar memudahkan dan mempersingkat waktu. Masing-masing kelompok akan mempresentasikan hasil temuannya. Berikut link PENDALAMAN ALKITAB sebagai acuan bagi PM, silahkan didownload jika diperlukan.

Mungkin untuk kali ini cukup sampai di sini. Di lain waktu, akan saya posting lagi metode-metode lainnya.  Jika ada pertanyaan, silahkan langsung di kolom komentar.Selamat mempraktekkan, selamat melayani.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s