Pembagian dan Makna Doa Bapa Kami (Matius 6:9-13)

Kebiasaan dalam agama Yahudi zaman dulu adalah seorang guru agama mengajarkan suatu doa kepada murid-muridnya. Atas permintaan murid-muridNya, Tuhan Yesus mengajarkan suatu doa, yakni Doa Bapa Kami.
Doa Bapa Kami ini dapat dibagi dalam 3 bagian, yakni:
Cat : bunyi doa berwarna merah dan makna doa berwarna biru

1. Ucapan syukur dan hormat pada Allah
Bapa kami yang disurga, sebutan ini mengacu pada Allah sebagai Bapa tempat mengadu, meminta, dan tumpuan segala pengharapan. Dengan memanggil Allah sebagai Bapa di surga, kita diangkat menjadi anak-anakNya yang terkasih.
Dikuduskanlah nama-Mu, Allah Bapa harus menjadi pusat hidup kita yang paling utama dengan memuliakan namaNya yang kudus. Seluruh hidup kita harus benar-benar menyatakan penyerahan diri yang mutlak kepada Allah.
Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga, ungkapan kerajaan Allah adalah pokok penting dalam pemberitaan tuhan Yesus. Datanglah kerajaan-Mu artinya kita memohon agar kemuliaan dan kehendak Allah nyata terjadi dalam dunia.
2. Permohonan akan keperluan jasmani
Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya, permohonan ini menunjukkan bahwa Allah memperhatikan dan memelihara tubuh jasmani kita. Permohonan ini juga menunjukkan bahwa makanan yang kita terima berasal dan bersumber dari Allah.
3. Permohonan akan keperluan rohani
Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah pada kami, Allah yang penuh kasih telah mengampuni dosa-dosa kita, oleh karena itu kita harus bersedia mengampuni kesalahan orang lain.
Dan janganlah membawa kami kedalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat, setiap pencobaan yang kita alami tidak akan melebihi kekuatan kita, jika kita bergantung dan berharap pada-Nya. Karena Tuhan selalu beserta lita dan kita memperoleh pertahanan yang paling kuat untuk melawan pencobaan karena-Nya.
4. Pengharapan akan kemuliaan Allah
Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan, dan Kuasa, dan Kemuliaan sampai selama-lamanya, pengakuan akan kemuliaan Allah akan menghibur dan menjamin hidup kita, karena segala kuasa dibumi dan disurga sudah berada dalam kuasa Tuhan.
5. Amin
Amin, sebagai penutup doa yang berarti ya atau demikanlah terjadi, ini adalah pengungkapan kemauan yang kokoh untuk melaksanakan kehendak Allah dan memohon kekuatan Allah untuk melakukan segala sesuatu yang ditugaskanNya dan harapkan dari Kita.

One thought on “Pembagian dan Makna Doa Bapa Kami (Matius 6:9-13)

  1. Hey! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would
    be ok. I’m absolutely enjoying your blog and look forward to new posts.
    In order to buy instagram followers for your instagram account, there are lots of more efficient
    ways.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s